
RAKOR INTERNAL SDM KPU TRENGGALEK BAHAS PERSIAPAN PEMBENTUKAN BADAN ADHOC DAN OPERASIONAL SIAKBA
TRENGGALEK— Hari ini, Selasa, tanggal 15 November 2022, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Trenggalek Rapat Koordinasi Internal SDM. Rapat yang dipimpin oleh Nurani, Anggota KPU Kabupaten Trenggalek Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia tersebut dihadiri oleh Kepala Subbagian Hukum dan SDM beserta Stafnya dan juga operator SIAKBA.
Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 10.00 WIB yang bertempat di Ruang RPP Vote KPU Kabupaten Trenggalek. Rakor diawali dengan pengarahan Nurani, Anggota KPU Kabupaten Trenggalek Divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat dan SDM. Dalam pengarahannya, Nurani menyampaikan bahwa kegiatan rakor internal SDM tersebut untuk menyamakan persepsi dalam rangka persiapan pembentukan badan adhoc dan operasionalisasi SIAKBA. Nurani menambahkan bahwa badan adhoc mulai dari PPK, PPS, dan KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan Pemilu.
Untuk itu dirinya berharap agar proses pembentukan yang dimulai dari pendaftaran, seleksi sampai dengan pengumuman dan pelantikan berjalan dengan baik dan bersih dari kolusi dan nepotisme. Nurani berpesan agar seluruh pelaksana pendaftaran dan seleksi pembentukan badan adhoc bersungguh-sungguh, berintegritas dan tidak main mata dengan kepentingan politik/kelompok. Hal tersebut agar didapatkan badan adhoc yang benar-benar profesional, jujur, berintegritas dan juga netral.
Nurani menyampaikan bahwa badan adhoc mulai dari PPK, PPS, dan KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan Pemilu. Ia berharap agar proses pembentukan yang dimulai dari pendaftaran, seleksi sampai dengan pengumuman dan pelantikan berjalan dengan baik dan bersih dari kolusi dan nepotisme. Harapannya agar seluruh pelaksana pendaftaran dan seleksi pembentukan badan adhoc bersungguh-sungguh, berintegritas dan tidak main mata dengan kepentingan politik/kelompok. “Hal tersebut agar didapatkan badan adhoc yang benar-benar profesional, jujur, berintegritas dan juga netral, imparsial”, tegas Nurani, Komisioner yang juga pegiat literasi tersebut.
Senada dengan hal tersebut, Yohanes Mustika Hadi, Kepala Subbagian Hukum dan SDM, menyampaikan bahwa pelaksanaan pendaftaran badan adhoc menggunakan aplikasi SIAKBA, untuk itu dirinya berharap agar seluruh sumber daya siap untuk mengoperasionalkan SIAKBA. Selain itu Yohanes berharap agar seluruh operator SIAKBA melatih diri agar mahir dalam mmengoperasikan SIAKBA. “Pelaksanaan pendaftaran badan adhoc menggunakan aplikasi SIAKBA, untuk itu agar seluruh sumber daya siap untuk mengoperasionalkan SIAKBA. Jugaseluruh operator SIAKBA melatih diri agar mahir dalam mmengoperasikan SIAKBA”, ucap Yohanes, Kasubbag Hukum dan SDM.
Rapat dilanjutkan dengan ujicoba internal SIAKBA dengan pengenalan fitur-fitur yang ada dalam SIAKBA dan pembagian wilayah kerja operator SIAKBA. Rapat berakhir pada pukul 12.00 WIB. (Wr)